Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wirausaha Digital

Wirausaha Digital


Perkembangan kewirausahaan saat ini dipastikan sebagian besar dipengaruhi oleh teknologi informasi dan komunikasi yang melahirkan model baru wirausaha yaitu wirausaha Digital.
Model wirausaha Digital mungkin contohnya adalah Selebgram dan Youtuber yang menghasilkan hasil usaha dari photo digital dan video digital.

Kesuksesan wirausaha Digital atau sepertinya bisa juga disebutkan wirausaha cyber telah melahirkan pengusaha Digital dengan penghasilan yang luar biasa, dan menjadi magnet baru untuk semua kalangan berwirausaha digital sesuai dengan karakteristik masing-masing.

Sampai saat ini menjadi wirausaha Digital sangat mudah karena bisa diciptakan tanpa memandang usia dan lainnya seperti halnya syarat menjadi wirausahawan konvensional. Bahkan banyak wirausaha Digital yang sukses dan berpenghasilan tinggi hanya menggunakan teknik sederhana dan beberapa diantaranya masih berusia relatif muda.

Kesuksesan model wirausaha Digital atau cyber juga telah menginspirasi pemerintah (Kementerian Keuangan) untuk menciptakan instrumen penghasil pajak dan melalui bidang sektor pajak mulai menelaah para wirausaha Digital atau wirausaha cyber untuk diberikan ketentuan pajak ECommerce yang akan mulai diberlakukan 1 April 2019.

Wirausaha Digital tentunya akan terus berkembang dan menjadi alternatif solusi angkatan kerja serta mampu menjadi bagian dari pengembangan perekonomian masyarakat.